NONTON LANGSUNG BADMINTON - MALAYSIA OPEN 2019

Source : Wikipedia


Buat yang ngaku doyan badminton, pasti rasanya belum lengkap kalau belum pernah menyaksikan langsung pertandingan badminton di stadion.

Yap, masih dalam lanjutan solo trip terkahir ku ke Singapore dan Malaysia April lalu. Karena kebetulan tanggal trip berbarengan dengan adanya event Malaysia Open 2019, akhirnya aku menyempatkan 1 hari untuk menyaksikan pertandingan badminton kelas dunia itu langsung di Axiata Arena.

Sudah sejak lama sebenarnya aku ingin sekali menyaksikan langsung pertandingan badminton kelas dunia, tapi sayang selalu ada aja halangannya. Termasuk salah satu kekecewaan terbesar waktu gagal nonton langsung Indonesia Masters 2016 yang waktu itu digelar di kotaku. Lah gimana ga kecewa, udahlah diadainnya di kota sendiri, jadi ga musti keluar uang buat tiket pesawat dan hotel, eh malah ga bisa nonton.

Jadi, begitu nemu jadwal yang pas kali ini, langsung deh jingkrak-jingkrak (eh ga jingkrak-jingkrak juga deng, kan aku anaknya kalem.hahaha), pokoknya langsung antusias buat cek jadwal lengkap pertandingan, siapa aja atlet yang maen, nge-cek draw, akses ke stadion, penginapan dekat stadion dan yang pasti nge-cek harga tiket per-day selama pertandingan.

Dan setelah semua pencarian informasi lengkap dan berhubung aku punya waktu trip yang pendek, jadi cuma bisa melipir 1 hari buat nonton badminton, akhirnya aku mutusin untuk nonton Malaysia Open di tanggal 4 April 2019 hari Rabu. Alasannya karena pada hari Rabu itu masih babak 16 besar, jadi match yang bisa ditonton masih banyak, masih bisa liat bayak atlen keren. Hehe.

Nah buat bisa nonton asyik badminton di Malaysia kira-kira apa aja sih yang harus disiapin ? Yuk kita bahas satu-satu.

Oke mulai dari persiapan pertama, Tiket masuk Malaysia Open 2019. Harga tiket Malaysia Open sendiri menurutku masih cukup terjangkau. Untuk tiket Round 16 tipe Premium yang aku beli harganya 65 RM, kalau di kurs kan rupiah sekitar IDR 227.500, dan dengan segala kemudahan akses dan nyamannya stadion menurutku sangat worth. Tiket Malaysia Open 2019 bisa langsung dipesan via online melalui situs www.myticket.asia.

Tiket sudah ditangan, persiapan selanjutnya adalah mencari penginapan (untuk tiket pesawat aku skip ya, karena kebetulan aku nonton badmintonnya karena emang lagi ada keperluan di Singapore, jadi ke Malaysia hanya via darat). Nah, kalau kalian ga punya temen atau saudara yang bisa ditebengin selama di Malaysia (KL) , penginapan jadi salah satu hal penting yang kudu wajib harus dipersiapin.

Waktu itu aku sengaja pilih penginapan yang jaraknya paling deket dengan stadion, tapi juga tetep nyaman. Alasannya karena dari draw match yang sudah keluar, pertandingan di hari Rabu itu bakal berlangsung sampai sekitar pukul 10 malam, itu kalau ontime, kalau molor karena ada kendala teknis atau karena pertandingan banyak yang rubber bisa lebih malem lagi selesainya, dan karena aku berangkat dan pulang nonton bakal sendiri kayaknya lebih aman kalau cari penginapan yang deket. Kalian bisa cari via aplikasi pemesanan hotel online buat cari tau hotel atau penginapan apa aja yang ada disekitar Axiata Arena, jangan lupa untuk biasakan melihat rating dan membaca review hotelnya terlebih dahulu ya, biar ga salah pilih hotel.

Next ! Udah beres masalah hotel jangan lupa untuk kumpulin info sebanyak-banyak nya mengenai akses transport dari dan menuju stadion. Ini juga penting, biar kalian ga bingung ketika mau berangkat atau mau pulang dari stadion.

Dan persiapan terakhir yang ga penting banget tapi rasanya kurang lengkap kalo gada, adalah TEMAN NONTON. Hehehe. Sebenernya sih kalau aku pribadi selow aja kalaupun harus nonton sendiri, Cuma rasanya kok agak garing ya kalau nanti kudu teriak-teriak sendiri pas atlet Indonesia tanding, apalagi ini kan di Malaysia, entar yang lain pada teriak “MALAYSIA BOLEH” eh aku malah teriak “INDONESIA PROK PROK PROK”, yang ada bisa jadi bahan liatan orang sekitar hahaha. Jadi menurutku biar nontonnya makin komplit, kudu punya temen nonton, biar totalitas teriak-teriaknya hehe.

Dan Alhamdulillah, meskipun datang ke Malaysia sebatang kara, waktu nonton Malaysia Open aku ketemu sama beberapa temen-temen BL dari Indonesia. Alhasil selama nonton ada temen seru-seruan buat teriak dan komentarin atlit. Hehe.

Total pertandingan yang dimainkan hari itu ada 80 match gabungan dari match MS, MD, WS, WD dan XD. Atlet Indonesia yang bertanding hari itupun cukup banyak, mulai dari Jonatan Christie, Ahsan/Hendra, Kevin/Marcus, Fajar/Rian, Owy/Winny, Gloria/Hafidz, Ketut/Rizky, Grey/April, dll.


Bisa dibilang semua match hari itu seru. Atmosfir yang dirasakan selama distadion juga beda banget sama nonton langsung di rumah doang. Merindingnya, serunya, capeknya semua lebih kerasa kalau nonton langsung di stadion.

Salah satu match yang paling aku tunggu hari itu pertama jelas match-nya Ahsan/Hendra, sebagai fans-nya Daddies rasanya seneng banget keinginan buat liat mereka main secara langsung akhirnya terwujud, permainan Daddies waktu itu keren banget. Dan yang uniknya, hari itu Daddies kebetulan melawan ganda putra asal Malaysia, tapi yang bikin seneng, penonton asli warga Malaysia hari itu ga sedikit yang ikut teriak ngasih dukungan buat Daddies, mungkin karena Daddies pasangan senior ber-attitude baik jadi banyak penonton pun yang respect ke Babah Ahsan dan Ko Hendra.


Keseruan pun ga berhenti disitu, kami lagi-lagi diberi kejutan manis dengan kemenangan Jonatan Christie atas Kento Momota. Sama sekali ga nyangka waktu itu Jojo bisa menang bahkan dengan straight game, apalagi beberapa pertandingan sebelumnya performa Jojo bisa dibilang belum stabil. Tapi seneng banget hari itu bisa jadi saksi langsung dari permainan ciamiknya Jojo dan bisa lihat langsung muka panik Momota karena kalah point. Hehe.

Tapi buatku match of the day hari itu adalah pertandingan Wahyu/Ade versus Zhang Nan/Liu Cheng. Meskipun harus kalah “ngenes” dari MD China, Wahyu/Ade bener-bener bikin satu stadion gemes teriak-teriak. Lewat pertandingan rubber dan skor jus, Wahyu/Ade ngasih perlawanan yang luar biasa banget ke double pair senior ini. Bahkan Kevin/Marcus yang hari itu main bersamaan di court berbeda hari itu harus rela kehilangan attention penonton karena hampir semua penonton fokus ke pertandingan Wahyu/Ade.

Selain karena match-match yang seru hari itu, fasilitas dan mudahnya akses masuk ke dalam Axiata Arena juga jadi satu alasan aku ketagihan nonton badminton di Malaysia. Belum lagi banyak banget stand makanan murah dan enak yang tersedia disekitar stadion bikin hati ini makin berbunga-bunga.


Ah rasanya ga sabar pegen balik dan nonton pertandingan badminton lagi disana. See you again Axiata Arena !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TRAVEL] - Berkunjung ke NTU Singapore

LOVE AT FIRST TRY - SKIN AQUA UV MOISTURE MILK SPF 50+ PA+++

[BOOK REVIEW] - EGOSENTRIS