Balikpapan dan Cuaca Ekstrem

Source : @balikpapan_city


Hujan disertai angin kencang sepertinya jadi hal yang akrab untuk warga Balikpapan beberapa pekan belakangan ini.

Yaps. Sudah lebih dari 2 pekan setiap malam menuju tengah malah bahkan sampai menyentuh pagi, Balikpapan diguyur hujan dengan intensitas cukup deras,  bahkan tak jarang diiringi angin kencang.

Menurut infomasi dari BMKG, cuaca ekstrem ini terjadi karena imbas dari siklus Edy yang terjadi di bagian barat Pontianak. Dan kondisi ini diprediksi masih akan bertahan hingga awal tahun 2018.

Subhanallah, baru imbasnya saja sudah mengakibatkan hujan deras + angin kencang yang beberapa hari lalu membuat beberapa pohon di Balikpapan tumbang, apalagi kalau sampai siklusnya terjadi di kota ini, Naudzubillahiminzalik.

Doa Ketika Hujan Deras :

Source : sp.beritasatu.com


Sebagaimana disebutkan dalam hadits Anas bin Malik  ketika hujan tidak kunjung berhenti, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallammemohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a,

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897)

Ibnul Qayyim mengatakan, ”Ketika hujan semakin lebat, para sahabat meminta pada Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam untuk memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah. Akhirnya beliau membaca do’a di atas.” (Zaadul Ma’ad, 1: 439)

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa do’a di atas dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak bahaya. 

——————————————————————

Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya, dan cuaca ektrem ini cepat berlalu. Amin.


-RirisRizqy-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[SKIN CARE REVIEW] - Mineral Botanica Acne Series

[BOOK REVIEW] - EGOSENTRIS

SUDAHKAH KAMU MERDEKA SECARA FINANSIAL ?